Senin, 03 Desember 2007

Hari Ini, Pemeriksaan Hashim Djojohadikusumo dilanjutkan

[Tempo Interaktif] - Kepolisian Kota Besar (Poltabes) Solo, Selasa (4/12) ini masih akan meminta keterangan tambahan kepada pengusaha nasional Hashim Djojohadikusumo.

Pemeriksaan tersebut merupakan pemeriksaan lanjutan yang dilakukan Poltabes setelah sehari sebelumnya Hashim dimintai keterangan selama delapan jam dalam kasus pencurian arca koleksi Museum Radya Pustaka. "Statusnya masih sebagai saksi," kata Kasat Reskrim Poltabes Solo, Syarif Rahman.

Menurut Syarif pemeriksaan terhadap Hashim yang dilakukan Senin (3/12) kemarin belum selesai. Deni Hermawan Pamungkas, kuasa hukum Hashim yang ikut mendampingi selama pemeriksaan, membenarkan.

Menurut Deni, saat penyidik mengakhiri pemeriksaan kemarin memang dikatakan masih ada beberapa pertanyaan lagi yang akan ditanyakan. "Kami nggak ngerti, padahal semua informasi sudah disampaikan," ujar Deni.

Deni memastikan Hashim tidak akan datang dalam pemeriksaan lanjutan tersebut. Menurutnya, Hashim dalam keadaan tidak sehat karena kelelahan setelah dihujani berbagai pertanyaan kemarin.

Deni akan mewakili Hashim menemui Poltabes agar pemeriksaan lanjutan itu diagendakan di waktu yang lain. "Kalau pun datang juga percuma karena saat pertanyaan pertama diajukan jawabannya tidak dalam kondisi sehat sehingga pemeriksaan tidak bisa dilanjutkan," katanya.

Hashim Senin (3/12) langsung terbang pulang ke Jakarta dengan pesawat pribadi dari Bandara Adi Sumarmo Solo. Dia mendapatkan kawalan ketat dari body guard-nya selama menjalani pemeriksaan. Hashim mengungkapkan kalau dirinya sebagai korban penipuan dalam kepemilikan lima arca kuno yang disimpan di rumahnya.

Namun polisi rupanya tidak percaya begitu saja dengan keterangan Hashim. Seorang penyidik mengatakan ada kejanggalan dari keterangan yang diberikan Hashim. Sayangnya tidak dijelaskan kejanggalan tersebut. [Selasa, 4 Des 2007]

Tidak ada komentar: