Kamis, 13 Desember 2007

Selamat untuk Aburizal Bakrie dan Sukanto Tanoto

[Pelita Online] - mengucapkan selamat dan sukses kepada Aburizal Bakrie dan Sukanto Tanoto karena kedua konglomerat ini memperoleh predikat bergengsi sebagai Orang Paling Kaya di Indonesia dengan Peringkat Pertama dan Peringkat Kedua, versi Forbes Asia, majalah bisnis paling terkemuka di kawasan Asia. Menurut majalah tersebut, Aburizal dan keluarganya ditaksir memiliki kekayaan senilai 5,4 miliar dolar AS, naik dari tahun sebelumnya (2006) sebesar 1,2 miliar dolar AS.

Sedangkan kekayaan Sukanto Tanoto meningkat menjadi 4,7 milyar dolar AS dari 2,8 milyar dolar AS (tahun 2006). Tahun lalu, versi majalah yang sama, Sukanto Tanoto konglomerat asal Medan, pemilik kelompok usaha Raja Garuda Mas (GRM) yang bergerak dalam bidang usaha industri kertas dan bubur kertas, kelapa sawit, energi, dan lainya itu menempati peringkat pertama. Sungguh sebuah prestasi yang luar biasa.

Dalam realitas kehidupan, persoalan kekayaan, kemasyhuran yang diperoleh oleh para konglomerat itu, tentu tidak perlu dipersoalkan. Menjadi kaya, dapat dikatakan merupakan hak setiap orang, hak warga negara. Namun demikian, pada kesempatan yang baik ini, perkenankan kami mengajukan beberapa pertanyaan kepada beliau-beliau.

Pertama, bagaimanakah caranya memperoleh kekayaan yang luar biasa besar itu ? Jawaban Anda mudah-mudahan bisa menginspirasi dan memotivasi anak bangsa yang lainnya untuk menjadi kaya. Kedua, kepedulian sosial seperti apa yang sudah Anda lakukan terutama untuk bencana-bencana besar seperti Lumpur Panas Sidoarjo dan bencana banjir bandang serta longsor yang disebabkan oleh penggundulan hutan dan illegal logging. Ketiga, apakah konglomerat paling kaya ini juga membayar pajak dengan tertib, tanpa melakukan penggelapan pajak ?

Mohon kiranya, tiga pertanyaan sederhana ini dapat ditanggapi oleh beliau, tentu saja melalui jajaran direksi atau pun para pejabat korporasi di lingkungan inner circle atau minimal oleh petugas humas para konglomerat itu. Sekali lagi, kami ucapkan selamat, semoga tahun depan kekayaan Anda menjadi lebih baik lagi. Terima kasih.

Tidak ada komentar: