Selasa, 22 Januari 2008

Konglomerat Jangan Takut Dipanggil Aparat Pajak

[CMN News] - Tidak banyak yang tahu bahwa penyidik Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak ternyata sudah memanggil konglomerat Sukanto Tanoto (pemilik PT Asian Agri Group) pada Selasa, 15 Januari 2007. Aparat pajak perlu memeriksa Sukanto sebagai saksi atas dugaan penggelapan pajak senilai Rp 1,35 triliun di Asian Agri Group. Sayang, konglomerat terkaya nomor dua versi Majalah Forbes ini tidak memenuhi panggilan pertama.

Namun demikian, Ditjen Pajak menyatakan akan melakukan pemanggilan untuk kedua kalinya. Begitulah, media massa bisnis menulis soal Sukanto Tanoto. Lalu, mengapa Sukanto Tanoto tidak hadir memenuhi undangan tersebut ? media massa tidak merinci alasannya. Namun dalam pandangan kami, sebaiknya Sukanto Tanoto tidak takut untuk hadir di Kantor Ditjen Pajak, apalagi, jika Sukanto tidak melakukan kesalahan.

Ketidakhadiran Sukanto justeru akan semakin menimbulkan syak wasangka jangan-jangan dugaan penggelapan pajak – seperti yang dipublikasikan media massa – benar adanya. Kami sependapat dengan perspektif Ditjen Pajak bahwa pemeriksaan terhadap Sukanto Tanoto merupakan upaya yang sangat penting untuk menggenapi upaya Ditjen Pajak membongkar kasus dugaan penggelapan pajak. Apalagi instansi penting di bawah Departemen Keuangan ini sudah menetapkan 11 tersangka, yaitu ST, WT, LA, TBK, AN, EL, LBH, SL, DSO, BGS, dan LR.

Oleh sebab itu, jika Sukanto Tanoto bisa secara gentlement hadir memenuhi undangan tersebut, tentunya bisa menjadi contoh yang baik bagi konglomerat lainnya. Kami juga menyerukan agar para penasehat hukum maupun jajaran public relations untuk memberikan masukan-masukan yang baik bagi pemilik kelompok usaha Raja Garuda Mas (RGM) ini sehingga apa yang dilakukan oleh Sukanto bisa menjadi sebuah citra atau image yang baik, bukan malah sebaliknya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Livros e Revistas, I hope you enjoy. The address is http://livros-e-revistas.blogspot.com. A hug.

bebas mengatakan...

Pakai masker penting ya https://www.instagram.com/p/CRJhaIcjUII/?utm_medium=copy_link

indoapkmod mengatakan...

Baca Juga cara download game PUBG Mobile mod Unlimited UC, anti banned, tanpa root versi terbaru di KLIK DISINI atau mau cari kumpulan aplikasi dan game mod gratis bisa kunjungi indoapkmod.com